Minggu, 11 Juni 2023

๐— ๐—”๐——๐—œ๐—Ÿ๐—จ ๐—ฆ๐—ฌ๐—ฆ๐—ง๐—˜๐—  [Ninja Hebat] ๐๐ข๐ซ๐ญ๐กIa lahir 28 Mei 1950 sebagai ๐—๐—ฒ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฒ ๐——๐—ถ๐—ฒ๐˜‚ ๐— ๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ฒ๐˜€๐—ฒ

 ๐—๐—ฒ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฒ ๐——๐—ถ๐—ฒ๐˜‚ ๐— ๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ฒ๐˜€๐—ฒ di Lรฉopoldville (Sekarang Kinshasa), ibu kota Kongo Belgia kemudian Zaire (dan sekarang DRC)

๐—˜๐—ฎ๐—ฟ๐—น๐˜† ๐—Ÿ๐—ถ๐—ณ๐—ฒ & ๐—ฆ๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐˜ ๐—ผ๐—ณ ๐— ๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฐ ๐—๐—ผ. 

Jean de Dieu Makiese tumbuh sebagai anak laki-laki yang sangat aktif. Selama tahun 1960-an ketika Jean beranjak dewasa, kota ini memiliki kancah musik yang dinamis dan sangat kompetitif. 
Pada tahun 1969, Jean Makiese bergabung dengan band Rumba bernama ๐Ž๐ซ๐œ๐ก. ๐’๐ข๐ฆ๐›๐š dan menghabiskan beberapa tahun ke depan mengasah keterampilan di band Papa Noel ๐๐š๐ฆ๐›๐จ๐ฎ๐ฅ๐š, ๐…๐ž๐ฌ๐ญ๐ข๐ฏ๐š๐ฅ ๐๐ž ๐Œ๐š ๐ช๐ฎ๐ข๐ฌ๐š๐ซ๐ (bersama Mangwana Sam) dan pada tahun 1971 dia bergabung dengan band ๐—™๐—ฎ๐—ด๐˜‚๐˜€ ๐—œ๐˜‡๐—ฒ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ ๐…๐ข๐ž๐ฌ๐ญ๐š ๐ ๐จ๐ฉ๐ฎ๐ฅ๐š๐ซ. 

๐“๐‡๐„ ๐๐€๐Œ๐„ ๐Œ๐€๐ƒ๐ˆ๐‹๐”
Saat Fagus Izeidi membentuk Fiesta Popular pada tahun 1971 dia merekrut Johnny alias ๐—ฃ๐—ถ๐—ป๐—ฑ๐˜‚, seorang gitaris muda ๐—–๐—ผ๐˜€๐—บ๐—ผ๐˜€, ๐— ๐—ฎ๐—ณ๐˜‚, ๐—ฌ๐—ผ๐˜€๐˜€๐—ฎ ๐—ง๐—ฎ ๐—น๐˜‚๐—ธ๐—ถ & salah satu musisi menyarankan kepadanya (Fagus) salah satu temannya, ๐—๐—ฒ๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ถ๐—ฎ๐—น๐˜‚, seorang penyanyi muda yang tinggal di Kimbanseke. 

Dia harus pergi dan menjemputnya dengan mobil, di sudut Kinshasa yang hilang ini. Untuk membuatnya dekat untuk latihan, Fagus telah menyiapkan kamar untuknya di rumahnya di Renkin. 

Dengan sangat cepat, si kecil yang muncul entah dari mana ini menjadi kesayangan semua gadis di lingkungan itu. Cinta pertamanya sebagai musisi Fiesta Populaire, di distrik yang disebut "cahaya" Matonge ini, adalah Bibi, putri tetangga Fagus. 

Fagus ingin mencari nama panggung untuk ๐‰๐ž๐š๐ง ๐๐ข๐š๐ฅ๐ฎ. James Brown berada di puncak semua tangga lagu. Karena namanya ๐—๐—ฒ๐—ฎ๐—ป, dia menawarkan untuk mengubahnya menjadi ๐—๐—ฎ๐—บ๐—ฒ๐˜€. 

Fagus juga menambahkan nama samaran yang dia temukan di kamus: ๐— ๐—ฎ๐—ฑ๐—ต๐—ถ yang berarti pesulap hebat di India. 

Jadi dia akan dipanggil ๐—๐—ฎ๐—บ๐—ฒ๐˜€ ๐— ๐—ฎ๐—ฑ๐—ต๐—ถ. Tapi Jean tidak puas. Ingin membuat yang lain, dia menambahkan Madhi, suku kata terakhir “๐—น๐˜‚” dari namanya sendiri. Tapi Jean tidak menjadi juara ejaan, dia menulis Madhi tanpa huruf "๐—ต", yang menjadi ๐— ๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ, yang dia tambahkan suku kata "๐—น๐˜‚". Dia baru saja menciptakan salah satu nama besar dalam lagu Kongo: ๐— ๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—น๐˜‚, masa depan “๐—š๐—ฟ๐—ฒ๐—ฎ๐˜ ๐—ก๐—ถ๐—ป๐—ท๐—ฎ”

๐Œ๐š๐๐ข๐ฅ๐ฎ ๐–๐ข๐ญ๐ก ๐Ž๐ซ๐œ๐ก. ๐Œ๐€๐˜๐Ž๐๐ˆ (1973 - 1976)

Pada tahun 1973, yang baru dinamai "Bialu" di bawah program "authenticitรฉ" Presiden Mobutu, Madilu bersama ๐—ฌ๐—ผ๐˜€๐˜€๐—ฎ ๐—ง๐—ฎ๐—น๐˜‚๐—ธ๐—ถ & ๐—ฃ๐—ถ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€ meninggalkan ๐—™๐—ถ๐—ฒ๐˜€ ๐˜๐—ฎ ๐—ฃ๐—ผ๐—ฝ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ฟ dari Fagus dan membentuk band ๐๐€๐Š๐”๐๐€ ๐Œ๐€๐˜๐Ž๐๐ˆ. 

"Mayopi" menjadi kata yang tidak masuk akal yang berasal dari dua huruf pertama dari masing-masing nama mereka. Meskipun tidak pernah menjadi pemain utama, mereka mencetak hit yang signifikan dengan lagu "๐‘ท๐’‚๐’Ž๐’ƒ๐’‚-๐‘ท๐’‚๐’Ž๐’ƒ๐’‚" pada tahun 1976. 

๐Œ๐š๐๐ข๐ฅ๐ฎ ๐–๐ข๐ญ๐ก ๐Ž๐ซ๐œ๐ก. ๐๐š๐ฆ๐›๐š ๐๐š๐ฆ๐›๐š
(Bagian ini banyak yang tidak akan memberi tahu Anda)

Pada tahun 1976, Bialu keluar dari Bakuba Mayopi, membentuk grupnya sendiri dengan ๐—ฆ๐—ผ๐—ธ๐—ถ ๐—ฉ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐˜‚ yang mereka beri nama ๐Ž๐ซ๐œ๐ก. ๐๐š๐ฆ๐›๐š ๐๐š๐ฆ๐›๐š. Namun, mereka tidak berhasil dalam dua tahun dan Bialu harus pergi untuk bergabung ๐€๐Ÿ๐ซ๐ข๐ฌ๐š dari ๐—ง๐—ฎ๐—ฏ๐˜‚ ๐—Ÿ๐—ฒ๐˜† pada tahun 1978 di mana dia menghabiskan dua tahun terakhir tahun 1970-an. 

๐ˆ๐ง ๐€๐Ÿ๐ซ๐ข๐ฌ๐š (1978 -1980)

Pada tahun 1978 Madilu bergabung dengan Afrisa dan dia memiliki poin karir yang sangat rendah di tim Ley selama dua tahun dia bersama Ley. Dan hal ini berujung pada pengkhianatan oleh majikannya di Bandara Ndjili. 

๐๐Ÿ
Band Afrisa Tabu Ley diundang untuk konser di Eropa pada tahun 1980. Saat ini, Sistem Madilu adalah penyanyinya tetapi berjuang dalam bayang-bayang Ley. Madilu akan tiba di bandara Ndjili keesokan harinya agar mereka bepergian bersama. Madilu tidak tidur sedikitpun. Itu akan menjadi pertama kalinya dia pergi ke Eropa. Dia tiba di Ndjili dan menunggu Ley. Dia menunggu lama dan keras. Pesawat yang akan mereka tumpangi menutup gerbang dan Madilu masih belum melihat bosnya. Madilu menyaksikan pesawat naik ke udara meninggalkannya. Rochereau telah berbohong, menipunya, dan membuatnya melarat๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

???????? ๐ˆ๐†๐‡๐“ ๐ˆ๐ ๐‡๐ˆ๐’ ๐๐€๐“๐‡๐’ ๐„๐Œ๐„๐‘๐†๐„)

Setelah kepergiannya yang tidak resmi dari Afrisa Tabu Ley, Sistem Madilu bergabung dengan TPOK Jazz pada April 1980. Ini terjadi setelah dia diperkenalkan ke Franco oleh Ntesa Dalienst yang pada saat itu adalah penyanyi dan komposer pendukung di TPOK Jazz. 
Selama tiga tahun pertama di TPOK Jazz, Madilu hampir tidak dikenal. Dia memainkan peran yang tidak signifikan dalam band, kebanyakan tampil sebagai penyanyi cadangan di konser. Suaranya tidak terdengar di lagu-lagu TPOK Jazz antara tahun 1980 hingga 1983. Dalam kata-kata Madilu sendiri, Franco tidak pernah menghormatinya dan tidak pernah menilainya tinggi sebagai seorang penyanyi. 
Tapi semua ini akan berubah secara dramatis pada tahun 1983. Franco akan membuat lagu berjudul "Non". Itu adalah lagu yang sangat kontroversial di mana Franco sekali lagi berusaha menyalahkan wanita atas segudang masalah yang terjadi dalam pernikahan. Franco pernah mengkritik wanita di masa lalu, tetapi lagu ini terlalu kejam. 
Lima tahun sebelumnya, Franco mendapat sup panas dengan pihak berwenang ketika dia menyanyikan dua lagu kontroversial berjudul "Helene" dan "Jacky". Lagu-lagu tersebut mengkritik dua wanita, dengan detail grafis tentang kurangnya kebersihan mereka. Jaksa Agung saat itu memenjarakan Franco dan semua musisi yang menyanyikan kedua lagu tersebut di penjara Makala yang terkenal kejam. 

Alhasil, ketika tiba saatnya menyanyikan "Non", banyak musisi yang enggan ikut menyanyikan lagu tersebut karena takut melanggar hukum dan kembali masuk penjara Makala. Secara khusus, Franco ingin Josky Kiambokuta atau Ntesa Dalienst menjadi penyanyi utama di lagu tersebut. Keduanya menolak. 

Madilu mengatakan saat tur di Eropa, dia bertemu dengan Franco di koridor hotel tempat mereka menginap. Franco memberi tahu Madilu bahwa dia sedang mengerjakan lagu baru berjudul "Non" dan sedang mencari penyanyi untuk mengisi vokal utama. 

Dia kemudian meminta Madilu untuk naik bersamanya untuk sesi rekaman dadakan. Madilu menyanyikan lirik yang tertulis ke dalam kaset. Saat Franco memutar ulang rekaman itu, dia sangat terkesan dengan kemampuan vokal Madilu. 

Dia bertanya-tanya bagaimana bakat vokal seperti itu ada di bandnya selama tiga tahun dan dia tidak mengetahuinya. Istri Franco, Annie Mbule yang juga berada di hotel bertanya-tanya bagaimana Madilu, yang selalu diklaim Franco tidak bisa bernyanyi, tiba-tiba mengembangkan suara nyanyian yang luar biasa. 

๐€๐Ÿ๐ญ๐ž๐ซ ๐…๐ซ๐š๐ง๐œ๐จ'๐ฌ & ๐ƒ๐ž๐š๐ญ๐ก & ๐…๐ข๐ง๐š๐ฅ๐ฅ๐ฒ ๐‚๐š๐ซ๐ž๐ž๐ซ
Kematian Franco pada tahun 1989 - kemungkinan besar diduga karena kondisi yang berhubungan dengan AIDS - adalah pukulan tubuh yang tidak pernah pulih dari TPOK Jazz, meskipun mereka terus tampil dengan pujian yang cukup besar, tampil di London pada tahun yang sama. 

Di bawah tekanan dari keluarga Franco untuk melepaskan nama, penyair Simaro membentuk Bana OK ("Children of OK Jazz") di Kinshasa pada awal tahun 1994, membawa sebagian besar anggota TPOK Jazz bersamanya - kecuali Sistem Madilu, yang memutuskan untuk memulai sebuah karir solo. 

Mendasarkan dirinya di Jenewa, (dia menikah dengan seorang wanita Swiss pada tahun 1985 dalam keadaan kontroversial) Sistem Madilu membagi waktunya antara Paris dan Kinshasa, bekerja sebagian besar dengan musisi ekspatriat Kongo untuk mengabadikan gaya rumba klasik "odemba" Franco pada serangkaian album solo,didukung oleh berbagai band Multi-Systรจme, OK Systรจme dan Tout Puissant Systรจme. Ini dimulai pada tahun 1994 dengan Sans Commentaire rasa zouk. 

Rilisan solo berikutnya termasuk Album '95 (1995), L'eau (1999), Pouvoir (2000), Tenant du Titre (2003), Bonheur (2004) dan yang terbaru Le Bonne Humeur (2007). 

Selama fase solo ini, dia berkolaborasi dalam album dengan musisi Kongo lainnya, termasuk mantan penyanyi Choc Stars Debaba Mbaki, Nyboma (dari Kรฉkรฉlรฉ), Benz-Petrole, Ndombe Opetum, Lokassa ya Mbongo, Rigo Star dan Josky. 

Dia juga kadang-kadang berpartisipasi dalam proyek penghormatan lama Dizzy Mandjeku Odemba OK Jazz All Stars, meskipun komitmen di Kinshasa berarti dia tidak dapat membuat debut Inggris mereka pada bulan Mei tahun ini. 

Pada tahun 2006, dia merekam ulang "Mario" di album Ketukuba oleh grup super Afro-salsa Africando. 

๐ƒ๐ž๐š๐ญ๐ก
Penyanyi legendaris Kongo Sistem Madilu meninggal pada usia 57 pada hari Sabtu, 11 Agustus 2007 di Kinshasa meninggalkan empat anak yang diketahui. Dia adalah salah satu gembong dari band legendaris TP OK Jazz mendiang Franco Luambo Makiadi di tahun 1980-an. Dan di saat kematiannya, sedang dalam proses pembuatan album lagi dengan produser Ibrahima Sylla. 

???? 

๐‘✞︎๐ˆ✞︎๐
༒︎༒︎
✞︎✞︎✞︎✞︎✞︎ 

Post. Admind

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (BPP KNPB) menyampaikan klarifikasi resmi terkait pernyataan publik Juru Bicara Tentara Nasional Papua Barat Sebby Sambom

Tetesan Air Mata Ibunda-Kota Tua- Holandia Jayapura -Melangka Tanpa Alas Kaki- KnpbNews, !Badan Pengurus Pusat Komite Nasional ...