Langsung ke konten utama

Awal Kedatangan Belanda di Jawa dalam Catatan Sejarah Kolonial Galih Pranata

Artikel
Rabu, 26 Juli 2023 | 08:20 WIB
Tetesan Air Mata Ibunda- Melangkah Tanpa Alas Kaki_Litograf kapal Cornelis de Houtman yang akan berlayar ke Hindia. 

De Houtman tercatat sebagai Belanda pertama yang mencapai Jawa dalam catatan sejarah kolonial.
Litograf kapal Cornelis de Houtman yang akan berlayar ke Hindia. De Houtman tercatat sebagai Belanda pertama yang mencapai Jawa dalam catatan sejarah kolonial. (KITLV)


Nationalgeographic.co.id—Akibat krisis ekonomi yang terjadi, Kerajaan Belanda menginisiasi untuk mencari peruntungan dengan melakukan pelayaran jauh ke dunia Timur: menggapai Hindia (Kepulauan Nusantara).

Tercatat dalam sejarah kolonial, empat armada Kerajaan Belanda bertolak dari Belanda menuju Hindia.

Empat kapal itu bernama Hollandia, Amsterdam, Mauritius dan kapal kecil lainnya bernama Het Duyfken.

Kapal-kapal tersebut secara resmi dikomandoi oleh Cornelis de Houtman.

Namun, De Houtman harus membagi kekuasaannya dengan dewan kapal yang terdiri dari semua perwira dan pedagang di kapal.

Kemudian, pada tanggal 22 Juni 1596, armada-armada Belanda itu tiba di Selat Sunda, antara Sumatra dan Batavia. Keempat kapal Belanda pertama itu dikawal oleh seorang navigator setempat.

Kapal-kapal Belanda itu diarahkan ke Banten, sebuah kota di Jawa Barat yang menjadi ibu kota Kesultanan Banten.

Dalam catatan sejarah kolonial, Kesultanan Banten membentang dari Jawa bagian barat hingga Sumatera bagian selatan.

"Ketika De Houtman mengunjungi Banten, ia pergi ke darat dengan berpakaian beludru dan satin dengan rombongan sekitar dua puluh orang," tulis Responden IsGeschiedenis dalam artikelnya berjudul De eerste Nederlanders in Indië, terbitan 14 Januari 2021.

Seorang pemain terompet berjalan di depan dan seorang bintara memegang kerai di atas kepala De Houtman.

Bagaimanapun, De Houtman dianggap sebagai orang Belanda pertama yang mampu mencapai Hindia dalam catatan sejarah kolonial.

Selain De Houtman, pelaut lainnya bernama Lambert Biesman, disebut terkagum-kagum dan menulis tentang apa yang dilihatnya di pasar-pasar kota Jawa.

Biesman menyebut bahwa "para pedagang dari berbagai negara berkumpul di sini (Portugis, Arab, Turki, Cina, Malaysia, Abyssinia, Bengali, dan sebagainya)."

Ia terlihat sangat terkesan dengan panorama dengan segala hal yang ia temui di Banten. Biesman menyerap semua bau, warna, dan suara eksotis yang aneh.

Rempah-rempah dan barang dagangan yang dilihatnya hampir semuanya sama sekali tidak dikenalnya.

Selepas mendarat, pemimpin rombongan, De Houtman bergegas menemui pemimpin setempat.

Catatan sejarah kolonial menyebut, De Houtman menemui Bupati Banten bernama Ki-Patih Djajanagara untuk mengadakan perjanjian dagang.

Sejak awal kedatangan para pelaut Belanda, mereka sangat tertarik dengan lada yang tumbuh di daerah tersebut. Sebab, kualitasnya yang sangat bagus.

Sang Bupati Djajanagara membawa De Houtman ke sultan utama Jawa, Keling Padjang.

Setelah berunding beberapa hari, De Houtman dan Padjang akhirnya mencapai kesepakatan pada 3 Juli.

Mereka bersepakat, para pedagang Belanda akan diberikan status istimewa atas para pedagang Portugis di wilayah tersebut dan sebagai imbalannya Belanda akan membantu sultan pada masa perang.

Perjanjian perdagangan Houtman belum selesai selama dua bulan, ketika masalah sudah muncul.

Begitu kembali ke Banten, dia melihat orang Portugis sedang memuat lada ke atas kapal mereka.

"De Houtman yang pemarah percaya bahwa perjanjian perdagangannya dengan sultan telah dilanggar dan mengancam akan meminta semua kargo di atas kapal Portugis," imbuhnya.


Iklan untuk Anda: Ikuti kemerihan festival akbar Adira dengan artis papan atas di Medan!
Advertisement by
Portugis telah dikenal sebagai mitra dagang yang dapat diandalkan di Banten selama bertahun-tahun. Mereka menyebarkan desas-desus bahwa Belanda tidak dapat dipercaya. Orang Portugis memfitnah bahwa Belanda hanya mencari keuntungan belaka.

Orang-orang Portugis menuding setelah para Belanda mengambil semua lada dari Banten, mereka akan menghancurkan seluruh kota. Akibat desas-desus itu, Sultan Banten segera mengambil langkah tegas.

Dalam catatan sejarah kolonial, para pelancong dari Belanda, termasuk Cornelis De Houtman akhirnya ditangkap pada 5 September 1596.


Segera, awak kapal Belanda yang belum sempat ditangkap, mulai menghancurkan kota Banten dengan meriam kapalnya.

Setelah kerusakan parah yang terjadi di kota pelabuhan Banten, Belanda menarik kapal-kapalnya untuk menjauh dari daratan.

Tak diketahui dengan pasti dalam catatan sejarah kolonial, ke mana mereka pergi dan melabuhkan kapal-kapalnya.

Kapal yang menjadi saksi bisu terjadinya bencana perampokan kapal Belanda di Sedajoe pada tahun 1596.
Kapal yang menjadi saksi bisu terjadinya bencana perampokan kapal Belanda di Sedajoe pada tahun 1596. (Alamy Photo)
Setelah dua minggu kehabisan bekal logistik, kapal-kapal Belanda itu terlihat kembali menyandarkan kapalnya di pelabuhan Banten.

Mereka kehabisan akal selain harus membebaskan pemimpin mereka, De Houtman.

Sejumlah awak dalam armada Belanda itu kembali dan melakukan beberapa negosiasi. Alhasil, dibayarkan uang tebusan kepada Gubernur Banten.

De Houtman dan awak kapal lainnya yang ditangkap akhirnya dapat dibebaskan.

Setelah mengalami kepayahan, Belanda menginginkan beberapa rempah lainnya dari Hindia Timur.

Mereka bergegas ke Maluku, namun melabuhkan armada-armadanya di Sedajoe, bagian Barat pulau Jawa.

Awalnya orang-orang penduduk setempat di sana terkesan sangat ramah. Sampai kemudian mereka melihat kapal Belanda itu membawa cengkih dan lada dalam jumlah besar.

Pribumi Sedajoe itu meminta kepada De Houtman naik ke kapalnya yang megah. De Houtman hanya melihat pribumi itu selayaknya penduduk primitif, lantas mengizinkan mereka untuk naik ke kapalnya, kapal Amsterdam.

Secara mengejutkan, ternyata semua itu adalah jebakan. Hanya dalam hitungan beberapa menit, dua belas orang Belanda di kapal Amsterdam telah terbunuh.

Dalam catatan sejarah kolonial, disebutkan bahwa para awak kapal dikalahkan dengan Spiessen, Boomen, Braetspeten, dan pedang.

Orang-orang Belanda itu yakin bahwa Portugis telah berhasil mencuci pikiran seluruh penduduk di pulau Jawa untuk memusuhi pelaut-pelaut Belanda. 

Namun, kemudian De Houtman telah mengetahui bahwa di kawasan Sedajoe dikenal dengan banyaknya bajak laut dan perompak yang terkenal kejam.

Perjalanan awal rombongan De Houtman tak berjalan mulus. Setelah mampir sebentar ke Bali, mereka dikisahkan kembali lagi ke Belanda karena kondisi yang tak memungkinkan.

Beberapa kapal Belanda itu kembali dengan 245 karung lada, 45 ton pala, 30 bal fuli dan beberapa porselen Cina, yang cukup untuk menutupi biaya pelayaran.

Namun, sesampainya rombongan De Houtman di Belanda, orang-orang di Amsterdam malah dikejutkan oleh sedikitnya awak kapal yang kembali dengan kondisi sehat dan hidup.

Sebuah perjalanan yang panjang dan melelahkan tercatat dalam catatan sejarah kolonial di Hindia Belanda.


Post. Admind

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SETELAH DENGAR HASIL UJIAN PAKAIAN SISWA/I SMA Kelas XII Di NABIRE DIWARNAI BINTANG KEJORA POLISI MEMUKUL Mince Heluka, BEBERAPA ORANG MENANGKAP POLISI

Siswi SMA kelas XII,Foto Mince heluka dapat pukul dari Polisi Nabire. Tetesan Air Mata Ibunda-Kota Tua- Kota Jeruk 🍊 -Melangkah Tanpa Alas Kaki- Nabire Siswa/i SMA kelas 3 dengar hasil ujian, mereka mewarnai pakeyan abu putih dirubah Bendera Identitas diri Papua Barat, Bendera Bintang Kejora/Bintang Fajar Polisi Melakukan pukulan dan penangkapan terhadap siswa/Siswi. Dengan melihat Siswa Mewarnai dengan warna Identitas sehingga beberapa orang anggota polisi dan ada pula yang dapat pukulan dari Polisi pada Senin 06/05/2024. Kata M.D melalui Handphone genggamnya. Penangkapan dan pemukulan dari polisi terhadap teman-teman SMA yang turun pawai kebahagiaan setelah mendengar kelulusan mereka, namun kami merasa kecewa karena polisi-polisi yang berada di Nabire melarang kegiatan kami, Lanjutnya. Kronologis yang Terjadi  Pukul 16: 7 wp. Kurang lebih 9 orang pelajar dikejar oleh 2 orang polisi berpakaian preman dengan kendaraan beroda 2 pengejaran tersebut lokasi da

SEPOTONG PERAHU KERTAS

Kecewakan mu  Di dalam hati yang terluka,   Kata-kata itu menggema.   Pahit getirnya rasa kecewa,   Menyatu erat dalam jiwa. Seperti bayangan yang tak pernah hilang,   Begitu juga rasa kecewa yang terpahat.   Sekali tersakiti, hatimu rapuh,   Dikhianati sekali, cintamu terus meragu. Siapa pun yang mengecewakanmu,   Tidak akan luput dari pandanganmu.   Setiap detik, setiap waktu,   Luka itu tetap merayap dalam ingatan. Namun di balik kekecewaan yang mendalam,   Tersembunyi pelajaran berharga.   Jangan biarkan rasa itu membelenggu,   Biarkan ia menjadi bekal untuk tumbuh lebih kuat. Eko-Vinsent  🍁🍁🍁 SEPIH Sekali lagi sepi Tanpa suaramu  Tak ada kata-kata manismu Hanya hening yang terasa  Sekali lagi sendiri  Merenungi semua rindu ini Menatap langit dengan tatapan hampa  Menyebut namamu tanpa sahutan Sekali lagi hanya diam Menanti sapa itu hadir lagi Membiarkan malam dan siang terlewati Tanpamu dan tanpa kita bercengkrama  Ly SMy  19.9.24 🍁🍁🍁 Se𝗖𝗶𝗻𝘁𝗮 

Adat-Mu Itulah yang Disebut Identitas-Mu, & Kebiasaan Itulan Adat-Mu & Itu-lah Sumber Hukum

Artikel. Oleh. Yegema Megolah sala satu identitas diri yg disebut (Kagane) Tetesan Air Mata Ibunda-kota Tua Paniai ---Melangkah Tanpa Alas Kaki -Kagane merupakan salah satu identitas diri yang diwariskan oleh moyang sejak saya dan kamu tiada. Barang atau benda itu telah ada sebelum manusia dipenuhi di muka bumi ini. Mereka mengolah Adat sesuai keinginan sesuai kepercayaan yang dimiliki setiap daerah termasuk tiga atau empat Wilayah adat Papua, termasuk Wilayah Meepago. Kebiasaan ini tidak bisa berubah dengan bentuk apapun dan bentuk bagimanapun alasan-Nya. Siapapun merasa berubah itulah yang disebut menggagalkan usaha yang diwariskan oleh nenek moyang dan tete moyang kita. Kebiasaan-kebiasaan merubah tampilan maupun warna dan bentuk maka Merusak wajah anda dan  telah menemukan Runtuhnya Manusia.  Ko lupa itulah ko lupa sejarah, akhirnya dibilang Rumah-Mu Runtuh Tapa sebab akibat. Adat-Mu Itulah yang Disebut Identitas-Mu, & Kebiasaan Itulan Adat-Mu & Itu-lah Sumber H