Langsung ke konten utama

Pernyataan terbuka ULMWP, Selamat Jalan Tuan Lukas Enembe: Pemimpin dan tokoh Peradaban Bangsa Papua


_Seruan Dua Minggu Berkabung Papua_ 
Tetesan Air Mata Ibunda-Kota Tua Jajarta-Meoangkah Tanpa Alas Kaki-Hari ini, Selasa 26 Desember 2023, pukul 11.00 Waktu Jakarta, Tuan Lukas Enembe, Pemimpin Papua, tokoh dan pejuang paradaban bangsa Papua telah meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat Gatot Subroto. Kematian Lukas Enembe patut diduga sebagai bagian dari proses pembunuhan terencana dan sistematis yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui penegak Hukum dan Intelijen Negara.  

*Lukas Enembe, Pemimpin Yang Berani* 

Rakyat Bangsa Papua mengenal Lukas Enembe sebagai pemimpin yang gagah berani. Ia tahu posisi dan kapasitasnya sebagai pemimpin bangsa Papua, bukan sekedar seorang gubernur. Sebagai pemimpin Lukas buktikan bukan dengan kata kata. Ia merupakan satu-satunya gubernur di Indonesia yang secara terbuka menyampaikan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tentang apa yang seharusnya dilakukan dalam penanganan peristiwa aksi protes perlawanan rasisme bangsa Papua di Papua dan Indonesia pada Agustus-Oktober 2019. Ia berdiri bersama rakyat Papua memperjuangkan keadilan, perdamaian dan keselamatan untuk masa depannya. Karenanya Lukas Enembe tidak saja dikenang karena membangun mega proyek pembangunan di Papua melainkan juga karena dukungannya kepada para pejuang harga diri dan eksistensi bangsa Papua diatas tanahnya. Dukungannya tersebut bertolak dari kenyataan didepan matanya bahwa Bangsa Papua sedang menuju kepunahan sebagaimana ia sampaikan dalam pernyataan terbuka kepada publik. 

Dalam menghadapi perilaku kolonialisme Indonesia, Lukas Enembe pun mengungkapkan secara terbuka ancaman demi ancaman yang dia hadapi dengan tenang. Selama menjadi Gubernur Papua telah banyak kali ia mengalami ancaman kriminaisasi, ancaman nyawa hingga pencopotan jabatannya sebagai Gubernur Papua. Ancaman itu dimulai sejak Februari 2017 oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Ancaman Kriminaliasi oleh Polda Papua pada Juli 2017, Mabes Polri pada Agustus 2017, BIN (Badan Intelijen Negara) pada September 2017, Konflik Nduga dan ancaman pemberhentian jabatan oleh Kementrian Dalam Negeri pada Desember 2018, Ancaman Operasi Tangkap Tangan pada Februari 2019 di hotel Borobudur Jakarta, Penggembosan Ban Mobil Dinas Gubernur Papua di Jayapura pada October 2019.

Pengumuman tersangka secara sepihak oleh KPK pada September 2022 dan penangkapan paksa pada Januari 2023 di Jayapura West Papua. Tuan Lukas Enembe juga mengalami banyak ancaman non fisik dengan penggiringan opini publik untuk membunuh harga diri dan integritasnya sebagai Gubernur dan tokoh Papua.
 
*Proses Hukum Tidak Manusiawi* 

Pada Januari 2023, Lukas Enembe ditangkap oleh KPK tanpa mempertimbangkan aspek kesehatannya. Selama 11 bulan (Januari-Desember 2023) Lukas Enembe ditahan di rutan tahanan KPK. Berkali-kali ia meminta akses pengobatan dengan dokter specialis dari Singapura yang mengetahui penyakitnya tetapi ditolak oleh pihak Jaksa KPK.

Ketika proses sidang dimulai, tanpa menunggu dalam kesempatan pertama Lukas Enembe menegaskan kepada Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat bahwa ia masih sakit karena itu perlu pengobatan medis tetapi ia tidak dihiraukan untuk memperoleh akses pengobatan dan layanan kesehatan. Selama proses persidangan, petugas KPK terang-terangan memperlakukan tindakan pemaksaan kepada Lukas Enembe untuk mengikuti proses persidangan dan perlakuan tindakan kurang manusiawi lainnya. 

Tanpa pertimbangkan kondisi kesehatan Lukas Enembe, pada October 2023, Majelis Hakim telah memvonis 8 tahun penjara. Jaksa KPK naik Banding atas vonis hakim tadi kemudian Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta pada 7 Desember 2023 memvonis Lukas Enembe 10 tahun penjara.
 
*Hari ini Lukas Enembe dan Besok Siapa Lagi?* 

Alm. Lukas Enembe menghabiskan 10 tahun pengabdian tanpa cacat sebagai Wakil Bupati dan Bupati (2003-2013) untuk menegakkan dan menjaga wibawa NKRI di Puncak Jaya; ditambah 10 tahun (2013-2023) lagi sebagai gubernur Papua yang merupakan perpanjangan tangan Jakarta di Papua, provinsi kaya raya penyumbang devisa terbesar bagi negara ini. 

Semua prestasi yang sudah ditoreh Lukas Enembe rupanya tidak cukup berbobot sebagai alasan untuk sekedar mendapat layanan kesehatan di saat dia tidak lagi berdaya sebagai manusia biasa. Ini situasi biadab yang bahkan belum pernah diperlakukan oleh pemerintah Kekaisaran Jepang atau Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Para Pemimpin Papua di masa lalu ketika mereka menjajah Tanah Papua. 

Rupanya Lukas Enembe di titik terendah kehidupan sebgai manusia, harus tetap merasakan tajamnya tusukan “Keris Sakti” raja-raja Indonesia yang penuh dendam kesumat dan masih menuntut tumbal dalam kemasan negara kesatuan Indonesia di jaman modern ini.

Semua tahapan pembunuhan ini dilakukan terang-terangan, tanpa rasa malu, di depan mata bangsa Papua dan komunitas internasional.

Proses pembunuhan Lukas Enembe secara sistematis ini tidak bisa dibiarkan lagi terulang pada orang Papua. Oleh karena itu, pembunuhan Lukas Enembe harus jadi yang terakhir dan cukup. Siapapun anda dan kita semua tanpa terkecuali tidak bisa membiarkannya terus terjadi pada pemimpin bangsa Papua di masa yang akan datang. 

Menghadapi semua ini, Lukas Enembe sebagai pemimpin menggantungkan harapannya kepada para pejuang Papua Merdeka, kepada ULMWP, kepada Anda dan kita semua karena dengan Indonesia bangsa Papua tidak punya massa depan. Lukas Enembe sadar benar bahwa dimasa lalu banyak tokoh Papua menjadi korban, hari ini dirinya dan besok Anda dan kita semua akan menjadi korban. 

*Dua Minggu Perkabungan Nasional Papua* 

Presiden Eksekutif ULMWP, Menase Tabuni menyampaikan, “seluruh keluarga besar ULMWP dimanapun berada bersama rakyat Bangsa Papua menyatakan duka cita yang mendalam dan sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan Tuan Lukas Enembe bagi tanah dan manusia Papua, kami menyerukan kepada rakyat bangsa Papua di manapuan berada untuk bergabung, dalam duka nasional Bangsa Papua selama dua Minggu.”

Mengenang seluruh pengorbanan dan perjuangan patriotikmu, kami menyampaikan Selamat jalan pemimpin bangsa Papua yang gagah berani. Tuhan Yesus menyambutmu di Surga, karena engkaupun mati guna selamatkan bangsamu Papua.

Jayapura, West Papua, 26 Desember 2023

*Markus Haluk* 
Sekretaris Eksekutif

Post. Admind

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SETELAH DENGAR HASIL UJIAN PAKAIAN SISWA/I SMA Kelas XII Di NABIRE DIWARNAI BINTANG KEJORA POLISI MEMUKUL Mince Heluka, BEBERAPA ORANG MENANGKAP POLISI

Siswi SMA kelas XII,Foto Mince heluka dapat pukul dari Polisi Nabire. Tetesan Air Mata Ibunda-Kota Tua- Kota Jeruk 🍊 -Melangkah Tanpa Alas Kaki- Nabire Siswa/i SMA kelas 3 dengar hasil ujian, mereka mewarnai pakeyan abu putih dirubah Bendera Identitas diri Papua Barat, Bendera Bintang Kejora/Bintang Fajar Polisi Melakukan pukulan dan penangkapan terhadap siswa/Siswi. Dengan melihat Siswa Mewarnai dengan warna Identitas sehingga beberapa orang anggota polisi dan ada pula yang dapat pukulan dari Polisi pada Senin 06/05/2024. Kata M.D melalui Handphone genggamnya. Penangkapan dan pemukulan dari polisi terhadap teman-teman SMA yang turun pawai kebahagiaan setelah mendengar kelulusan mereka, namun kami merasa kecewa karena polisi-polisi yang berada di Nabire melarang kegiatan kami, Lanjutnya. Kronologis yang Terjadi  Pukul 16: 7 wp. Kurang lebih 9 orang pelajar dikejar oleh 2 orang polisi berpakaian preman dengan kendaraan beroda 2 pengejaran tersebut lokasi da

SEPOTONG PERAHU KERTAS

Kecewakan mu  Di dalam hati yang terluka,   Kata-kata itu menggema.   Pahit getirnya rasa kecewa,   Menyatu erat dalam jiwa. Seperti bayangan yang tak pernah hilang,   Begitu juga rasa kecewa yang terpahat.   Sekali tersakiti, hatimu rapuh,   Dikhianati sekali, cintamu terus meragu. Siapa pun yang mengecewakanmu,   Tidak akan luput dari pandanganmu.   Setiap detik, setiap waktu,   Luka itu tetap merayap dalam ingatan. Namun di balik kekecewaan yang mendalam,   Tersembunyi pelajaran berharga.   Jangan biarkan rasa itu membelenggu,   Biarkan ia menjadi bekal untuk tumbuh lebih kuat. Eko-Vinsent  🍁🍁🍁 SEPIH Sekali lagi sepi Tanpa suaramu  Tak ada kata-kata manismu Hanya hening yang terasa  Sekali lagi sendiri  Merenungi semua rindu ini Menatap langit dengan tatapan hampa  Menyebut namamu tanpa sahutan Sekali lagi hanya diam Menanti sapa itu hadir lagi Membiarkan malam dan siang terlewati Tanpamu dan tanpa kita bercengkrama  Ly SMy  19.9.24 🍁🍁🍁 Se𝗖𝗶𝗻𝘁𝗮 

Adat-Mu Itulah yang Disebut Identitas-Mu, & Kebiasaan Itulan Adat-Mu & Itu-lah Sumber Hukum

Artikel. Oleh. Yegema Megolah sala satu identitas diri yg disebut (Kagane) Tetesan Air Mata Ibunda-kota Tua Paniai ---Melangkah Tanpa Alas Kaki -Kagane merupakan salah satu identitas diri yang diwariskan oleh moyang sejak saya dan kamu tiada. Barang atau benda itu telah ada sebelum manusia dipenuhi di muka bumi ini. Mereka mengolah Adat sesuai keinginan sesuai kepercayaan yang dimiliki setiap daerah termasuk tiga atau empat Wilayah adat Papua, termasuk Wilayah Meepago. Kebiasaan ini tidak bisa berubah dengan bentuk apapun dan bentuk bagimanapun alasan-Nya. Siapapun merasa berubah itulah yang disebut menggagalkan usaha yang diwariskan oleh nenek moyang dan tete moyang kita. Kebiasaan-kebiasaan merubah tampilan maupun warna dan bentuk maka Merusak wajah anda dan  telah menemukan Runtuhnya Manusia.  Ko lupa itulah ko lupa sejarah, akhirnya dibilang Rumah-Mu Runtuh Tapa sebab akibat. Adat-Mu Itulah yang Disebut Identitas-Mu, & Kebiasaan Itulan Adat-Mu & Itu-lah Sumber H