Langsung ke konten utama

PERAYAHAN HUT KNPB Ke 15 Banyak Tempat Dapat Tangkap Dari Militer Indonesia Termasuk Paniai 8 Orang Ditangkap, Pukul 08: 16 Malam di Bebaskan dari Tangan Militer Indonesia di Paniai

 Perjuangan sipil kota dan Media Rakyat Papua  KNPB yang Ke 15 Tahun sejak terhitung Berdirinya KNPB 19 November 2010.
Tetesan Air Mata Ibunda-Kota Tua Holandia- Melangkah Tanpa Alas Kaki-Komite Nasional Papua Barat (KNPB) adalah organisasi Politik rakyat Papua dan sebuah kelompok masyarakat Papua yang berkampanye untuk kemerdekaan Negara Papua Barat.

Pada tahun 1961 didirikan Komite Nasional oleh Para pejuang Kemerdekaan Bangsa Papua Barat. Pada Tanggal 11 April 1969, Herman Wayoi, Mozes Werror, Clemens Runaweri memimpin sebanyak 200 pendemo kebanyakan dari pegawai-pegawai negeri, pelajar dan mahasiswa. Demonstrasi awalnya hanya bergerak puluhan orang saja, pagi-pagi mereka berangkat ke kediaman Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Fernando Ortiz Sanz dan menyampaikan suatu resolusi berjudul,”Penentuan Nasib Sendiri atau disingkat Penase.”Demo pertama kali menentang pelaksanaan Pepera melalui sistem perwakilan Dewan Musyarawah Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera). 

Pendemo menegaskan harus menjalankan referendum untuk satu orang satu suara.   
Pada Tahun 2009 nama Komite Nasional Papua ditambahkan "barat" maka menjadi Komite nasional Papua Barat (KNPB) dengan atas dasar keprihatinan penderitaan rakyat Papua dan waktu itu ditangkapnya Buchtar Tabuni dan Sebby Sambom di Pemakaman Theys H.Eluay.

 Tokoh sentral KNPB adalah Buchtar Tabuni, yang kemudian membentuk sebuah lembaga politik namanya Parlemen Rakyat Daerah(PRD) dan sekarang ketua PRD adalah Buchtar Tabuni.

Pada April 2009, 8 pengunjuk rasa tewas oleh polisi selama demonstrasi yang melibatkan lebih dari 15.000 orang, yang disponsori oleh KNPB tersebut. Seorang polisi terluka oleh panah.[1] Pada tanggal 22 Maret 2010, KNPB menyelenggarakan serangkaian kegiatan baru. 15 orang Papua ditangkap setelah polisi menggunakan senjata api untuk membubarkan massa.

Parlemen internasional untuk Papua Barat (IPWP) dan Pengacara internasional untuk Papua Barat (ILWP) mengenali Komite Nasional Papua Barat sebagai koordinator domestik untuk gerakan kemerdekaan Papua Barat,[3] Menurut Mario Pigei dari KNPB. Pada reli KNPB menandai pendaftaran IPWP dan ILWP di Uni Eropa di Brussels, Koordinator Mario Pigei berkata "Pelanggaran HAM terus menjadi dilakukan di Papua dengan pembunuhan tokoh Papua termasuk Kelly Kwalik.

Pada bulan Juni 2012 tiga orang anggota KNPB ditangkap dan dipenjara sebagai pelaku penembakan terhadap WNA Jerman, Dietmar Helmut Pieper pada bulan May. Sedangkan pada bulan September, sembilan orang anggota KNPB ditangkap kepolisian karena ditemukan peralatan membuat bom dan bahan peledak di kantor sekertariat KNPB di Wamena dan akhirnya dijatuhi hukuman kepemilikan bahan peledak bukan menggunakan pasal terorisme. Pelaku-pelaku tersebut merupakan anggota sayap ekstremis KNPB yang merupakan bawahan Mako Tabuni, yang juga telah ditembak oleh kepolisian pada bulan Juni saat menghindari penangkapan.

HUT ke 15 KNPB Kab. Paniai
Nama Nama yang di tangkap oleh polres Paniai sahat Melakukan Hibada Hari HUT KNPB yang 15 .

1.Yumabeuw anggota KNPB Umur 36 Tahun

2.Geetoyai anggota KNPB Umur 26 Tahun

3.Noak Yeimo anggota KNPB Umur 26 Tahun

4.Melpin Gobai Jubir KNPB wilayah Umur 31 Tahun

5.Sely Tebai Anggota sekaligus panitia 
kegiatan Umur 27 Tahun

6.Musa Tobai ketua 1 KNPB Umur 28 Tahun

7.Deri Gobay anggota KNPB Umur 30 Tahun

8.Melanesia Nawipa anggota KNPB Umur 23 Tahun.

8 orang yang ditangkap pada saat perayaan HUT ke 15 di Paniai telah bebas pada pukul 08:16 Waktu Paniai.

Aku.
Meski sayap ku patah hati
Aju tetap kuat demi Anak anak ku
Meski aku rapuh aku tetap sabar.
Meski aku menangis
Aku berusaha bahagia
Walau dapat siksaan atas kebenaran.
  

Perayaan HUT ke 15 K KPB kab. Baybrat 
KNPB wilayah Maybrat merayakan HUT KNPB yang ke 15 tahun dalam bentuk Ibadah Syukuran.Maybrat,Sorong,West Papua,pada Minggu (19/11/2023).

Ibadah perayaan itu dirayakan dengan aman dan terkendali di salah satu gereja, Maybrat.

Kegiatan HUT ke 15 KNPB berjalan aman dan telah sukses sesuai harapan kita semua.

Dalam kegiatan itu pula dihadir oleh semua organ gerakan perlawanan dan pihak Gereja setempat guna merayakan serta merefleksikan 15 tahun eksistensi KNPB sejak terbentuknya 19 November 2008-19 November 2023 ,sampai detik ini". 

Perayaan HUT 15 KNPB
Minggu, 19 November 2023 (14.00 WP), Tadi ko tra tabakar tu, lihat Bendera Merah KNPB LAWAN Berkibar dari ujung Aspal sepanjang Jalan (Doyo-Hawai) Sentani.

Itu Kejutan, dari Si Merah'!
De berkibar di de PU Tempat, dan itu Harus.

RAKYAT MAMTENG TETAP ANTUSIAS MERAYAKAN HUT KNPB KE 15 THN.

Kabupaten Mamberamo Tengah tetap Aman dan terkendali, Namun harus Pantauan Karan Surat telah keluar penangkapan terhadap  pemimpin KNPB dari Militer Indonesia.
Kobakma: Hari ini, Sabtu 18 November 2023, pukul 10:20 WPB Rakyat Papua Barat Di Kobakma-Kabupaten Mamberamo tengah sedang antusias untuk memperingati hari HUT-KNPB ke 15 Thn.

Panitia HUT KNPB ke 15 Thn, sedang membagikan selebaran/himbauan umum sebagai undangan terbuka kepada Rakyat di Kobakma - mamberamo tengah-Papua Barat. 

Pukul 11:00 Kawan2 Panitia kumpulkan masyarakat di Pasar central kobakma, melakukan pertemuan singkat dan saling membagi peran kerja dan persiapan lainnya. 

Pukul 11: 30 WIB, masyarakat berdatangan dan secara spontan meminta selebaran atau undangan, kemudian rakyat mulai bagi selebaran sepanjang Kios/ruko, dan jalan raya. 

Pukul 12: 56 WPB, pihak apart kepolisia dan tim gabungan TNI-POLRI datang mengahdang di jalan Pasar Arege. 

Pukul 13:00 WPB, Anggota KNPB sekitar 50 orang Di hadang polisi secara paksa. Kemudian di suruh jalan ke Polres bertemu kapolres mamberamo tengah. 

Pukul 13: 20 WPB, Mmasyarakat bersama Panitia HUT KNPB menuju ke polres dan langsung ketemu kapolres dihalaman kantor polres mamteng. 

Sekitar 2 jam membicarakan seputar Kamtibmas kota Kobakma- Mamteng-West Papua secara panjang lebar Dan juga terkait kegiatan memperingatih Hari HUT KNPB wilayah mamberamo tengah. 

Setelah itu Masyarakat dan Panitia HUT dipulangkan, dan menuju Kantor Pusat KNPB Kota Kobakma, untuk melanjutkan pekerjaan lain. 

Sementara persiapan, tidak lama kemudian aparat kolonial Indonesia sekitar 40 an orang datang lengkap seperti Perang, Dan pihak apart kepolisia reskrim antar Surat di Kantor KNPB Mamteng. 

Surat di terima oleh salah satu staf Keamanan Sipil KNPB Mamteng.

Tolong Pantau Kami,, pada hari Minggu tanggal 19 - 20 November 2023. KNPB bersama Rakyat akan tetap merayakan HUT KNPB KE 15 THN Di Kota Kobakma - Mamberamo Tengah - Papua Barat.

Dogiyai 19 November 2023
Hidup knpb wilayah Dogiyai 
Knpb wilayah dogiyai tidak kemana-mana tetapi knpb wilayah dogiyai akan ada dimana-mana.
Dalam kegiatan aman dan terkendali merayakan HUT ke 15 di Dogiyai.

RINTIK HUJAN
Rintik hujan membuka hariku pagi ini
Tetesan air mulai membasahi sudut mataku.

Perlahan pintu kenangan terbuka 
Aku melihat kisah tentang kita menari di sana dekat hutan 

Cerita itu tentang kita dahulu kala
Dua insan mencoba bersama dalam perbedaan.

Bahkan emosi dan air mata jadi saksi kita
Ketika kita akhirnya menyerah dan pergi

Hujan itu selalu hadirkan lagi kenangan kita

Kita yang pernah bersama di bawah rintik hujan.

Waktu telah berlalu dan itu tinggal masa lalu.

Tetapi masa kini dan masa depan tetap dalam kenangan tentangmu.

Papua pasti merdeka 

Papua, 19 November 2023




𝗞𝗼𝗺𝗶𝘁𝗲 𝗡𝗮𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 𝗣𝗮𝗽𝘂𝗮 𝗕𝗮𝗿𝗮𝘁 (𝗞𝗡𝗣𝗕) 𝗦𝗲𝗻𝘁𝗮𝗻𝗶, HUT ke 15 Sentani Aman terkendali dalam perayaan KNPB.
Alamat: Jln Papua Merdeka, BTN Puwodadi Blok B.
____________
Selamat Merayakan Hari Hut Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

Tabi - West Papua, 19 November 2023

SENTANI - Mengingat dan memperingati hari lahirnya Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tepat 19 November 2008 di aula waltertpos Pos 7 tujuan untuk memediasi rakyat West Papua Sorong - Meraukwe. KNPB lahir di tengah-tengah keburutalan militer Indonesia di West Papua dengan tujuan "Mediasi Rakyat Papua". KNPB berhasil duduki di West Papua 32 KNPB Wilayah hingga saat ini, 2023.

KNPB Mendorong Kongres pertama di Kampung Harapan dan menetapkan beberapa agenda diantaranya 
1. Penyatuan Diplomasi
2. Penyatuan Sipil Kota dan
3. Penyatuan Militer.

Sesuda itu untuk mewujudkan tiga agenda itu KNPB Menetapkan Agenda " REFERENDUM" sebagai solusi Kemerdekaan Bagi Bangsa Papua Barat melalui Jalur Hukum dan Politik.

Untuk mewujukan Agenda itu KNPB Sentani Mempertahan KNPB Sebagai Media Rakyat sebagai alat satu-satunya bagi rakyat West Papua di sipil Kota.

Dari berbagai persoalan - persoalan di West Papua KNPB sebagai media di Wilayah sentani mempertahankan semangat KNPB sejak terbentuknya sampai hari ini tepat menggenapi usia yang ke 15 Tahun, KNPB berhasil berdiri teguh (Independen) sebagai media rakyat di West Papua.

Tepat 2023 di Moment Hut KNPB, KNPB Sentani Sebagai media siap memediasi Kongres The United Liberation Muvment For West Papua (ULMWP) yang ke Pertama di Port-Numbay Tanah Tabi - West Papua pada 20-23 November 2023.

WaSalam..!!!

VINO BAHABOL
Juru Bicara, KNPB Sentani
____________

Selamat Merayakan 
Hari Ulang Tahun KNPB 
Yang ke 15 Tahun
19 November 2008
19 November 2023.

https://m.youtube.com/watch?si=Gnff3PVoAHV6G5vk&fbclid=IwAR1IFTnj-jpeGK3lyi8AEFYwOtb_coMMoP4X-mqMSru9-oIz7ctzCe68TlU&v=a-NKnBQOYhE&feature=youtu.be.


Post. Admind.

Sejarah KNPB: 
https://suarapapua.com/2019/08/12/knpb-dari-mana-ke-mana/?fbclid=IwAR2pJHa05fGn2J-BglmEECD_SYboyQQZa6FZpDwFN3iilfmPi2fUmHy6noY

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SETELAH DENGAR HASIL UJIAN PAKAIAN SISWA/I SMA Kelas XII Di NABIRE DIWARNAI BINTANG KEJORA POLISI MEMUKUL Mince Heluka, BEBERAPA ORANG MENANGKAP POLISI

Siswi SMA kelas XII,Foto Mince heluka dapat pukul dari Polisi Nabire. Tetesan Air Mata Ibunda-Kota Tua- Kota Jeruk 🍊 -Melangkah Tanpa Alas Kaki- Nabire Siswa/i SMA kelas 3 dengar hasil ujian, mereka mewarnai pakeyan abu putih dirubah Bendera Identitas diri Papua Barat, Bendera Bintang Kejora/Bintang Fajar Polisi Melakukan pukulan dan penangkapan terhadap siswa/Siswi. Dengan melihat Siswa Mewarnai dengan warna Identitas sehingga beberapa orang anggota polisi dan ada pula yang dapat pukulan dari Polisi pada Senin 06/05/2024. Kata M.D melalui Handphone genggamnya. Penangkapan dan pemukulan dari polisi terhadap teman-teman SMA yang turun pawai kebahagiaan setelah mendengar kelulusan mereka, namun kami merasa kecewa karena polisi-polisi yang berada di Nabire melarang kegiatan kami, Lanjutnya. Kronologis yang Terjadi  Pukul 16: 7 wp. Kurang lebih 9 orang pelajar dikejar oleh 2 orang polisi berpakaian preman dengan kendaraan beroda 2 pengejaran tersebut lokasi da

SEPOTONG PERAHU KERTAS

Kecewakan mu  Di dalam hati yang terluka,   Kata-kata itu menggema.   Pahit getirnya rasa kecewa,   Menyatu erat dalam jiwa. Seperti bayangan yang tak pernah hilang,   Begitu juga rasa kecewa yang terpahat.   Sekali tersakiti, hatimu rapuh,   Dikhianati sekali, cintamu terus meragu. Siapa pun yang mengecewakanmu,   Tidak akan luput dari pandanganmu.   Setiap detik, setiap waktu,   Luka itu tetap merayap dalam ingatan. Namun di balik kekecewaan yang mendalam,   Tersembunyi pelajaran berharga.   Jangan biarkan rasa itu membelenggu,   Biarkan ia menjadi bekal untuk tumbuh lebih kuat. Eko-Vinsent  🍁🍁🍁 SEPIH Sekali lagi sepi Tanpa suaramu  Tak ada kata-kata manismu Hanya hening yang terasa  Sekali lagi sendiri  Merenungi semua rindu ini Menatap langit dengan tatapan hampa  Menyebut namamu tanpa sahutan Sekali lagi hanya diam Menanti sapa itu hadir lagi Membiarkan malam dan siang terlewati Tanpamu dan tanpa kita bercengkrama  Ly SMy  19.9.24 🍁🍁🍁 Se𝗖𝗶𝗻𝘁𝗮 

Adat-Mu Itulah yang Disebut Identitas-Mu, & Kebiasaan Itulan Adat-Mu & Itu-lah Sumber Hukum

Artikel. Oleh. Yegema Megolah sala satu identitas diri yg disebut (Kagane) Tetesan Air Mata Ibunda-kota Tua Paniai ---Melangkah Tanpa Alas Kaki -Kagane merupakan salah satu identitas diri yang diwariskan oleh moyang sejak saya dan kamu tiada. Barang atau benda itu telah ada sebelum manusia dipenuhi di muka bumi ini. Mereka mengolah Adat sesuai keinginan sesuai kepercayaan yang dimiliki setiap daerah termasuk tiga atau empat Wilayah adat Papua, termasuk Wilayah Meepago. Kebiasaan ini tidak bisa berubah dengan bentuk apapun dan bentuk bagimanapun alasan-Nya. Siapapun merasa berubah itulah yang disebut menggagalkan usaha yang diwariskan oleh nenek moyang dan tete moyang kita. Kebiasaan-kebiasaan merubah tampilan maupun warna dan bentuk maka Merusak wajah anda dan  telah menemukan Runtuhnya Manusia.  Ko lupa itulah ko lupa sejarah, akhirnya dibilang Rumah-Mu Runtuh Tapa sebab akibat. Adat-Mu Itulah yang Disebut Identitas-Mu, & Kebiasaan Itulan Adat-Mu & Itu-lah Sumber H